14 Juta Pengguna Internet Berbelanja Online

Cara Membuat Web  – Sobat Cara Membuat Web, APJII atau Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia  menyebut pengguna Internet di Indonesia pada 2012 mencapai 63 juta pengguna.

Survei profil pengguna dan penggunaan itu dilakukan dengan wawancara serta kuisioner sejak April hingga Juli 2012 yang melibatkan dua ribu responden di 42 kota dari 31 provinsi di Indonesia.

Responden yang disurvei berusia 12 hingga 65 tahun dengan akses Internet lebih dari sejam dari golongan sosial ekonomi A hingga C.

Menurut  riset yang dilakukan oleh Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia pada 2012. Pengguna Internet yang melakukan pembelian barang dan jasa dalam dalam jaringan atau berbelanja online baru mencapai 22,8 persen dari total pengguna Internet di Indonesia.

“Meskipun hanya 22,8 persen, angka itu cukup tinggi jika dilihat dari jumlah pengguna atau orangnya yaitu sekitar 14  juta pengguna,” kata Kepala Departemen Pendaftaran Internet Nasional APJII (Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia ), Valens Riyadi, dalam jumpa pers di Jakarta, Rabu.

Sementara, sekitar 48 juta pengguna atau 77,2 persen dari total pengguna Internet di Indonesia tidak melakukan berbelanja online.

“Angka 14 juta pengguna itu tetap menjadi peluang yang besar jika bisnis kita masuk ke Internet,” kata Valens.

Survei APJII (Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia )itu juga menampilkan alasan utama para pengguna Internet di Indonesia tidak melakukan berbelanja online yaitu takut penipuan yang disetujui 34,6 persen dari total pengguna.

Alasan kedua, di perdagangan secara elektronika (e-commerce) pembeli tidak dapat melihat langsung barang yang dibeli. Alasan itu diakui 21,5 persen dari total pengguna.

Alasan lain, secara berurutan, yaitu harga barang mahal (13,8 persen), tidak berminat atau belum butuh (12,7 persen), dan kualitas barang (9,3 persen).

“Dengan demikian, hambatan ‘e-commerce’ di Indonesia bukan pada permasalahan teknis tapi permasalahan mental pengguna,” kata Valens.
Sumber: ANTARA News

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *