Menghindari Blog Mati Suri

Cara Membuat Web dan Menghindari Blog Mati Suri

CaraMembuatWeb.net. Dengan bantuan search engine beberapa kali saya berselancar untuk membaca blog-blog yang tersebar di dunia maya. Kesimpulan saya , ada banyak sekali blog terlantar sehingga kelihatan seperti mati suri seolah hidup segan mati pun enggan.
Dari pengalaman pribadi tentang dunia blogging menyimpulkan jika mempertahankan kehidupan blog tak semudah membuat blog sendiri. Kalau untuk membuat blog baru rata-rata hanya diperlukan beberapa menit saja. Yang paling menantang adalah bagaimana membuat blog kita terus hidup dan ramai. Dari sinilah saya ingin menguraikan 3 permasalahan yang sering mendera para blogger.

Berikut ini ulasannya cara membuat web dan menghindari blog mati suri:

1.Update artikel
Rasanya aneh jika suatu blog selama berbulan-bulan tidak memiliki artikel yang beru. Memang menulis sebuah artikel untuk blog meskipun itu sederhana atau pendek bukanlah perkara mudah. Banyak keinginan untuk update artikel, namun tidak jarang kandas di tengah jalan karena berbagai hal seperti kesibukan pekerjaan harian, keterbatasan koneksi internet, dan kebingungan untuk memindahkan isi kepala ke dalam bentuk tulisan.

Memang cara yang paling mudah adalah mendisplinkan isi kepala ke dalam bentuk tulisan. Memang cara yang paling mudah adalah mendisiplinkan diri untuk menulis di depan komputer. solusi kedua adalah dengan menggandeng blogger lain uuntuk menjadi penulis tamu sehingga bisa saling menginsi kekosongan tulisan sesama blogger.
2. Miskin pengunjung
Setiap blogger sudah pasti menginginkan blognya dikunjungi oleh banyak orang. Namun fakta di lapangan ternyata tidaklah cukup mudah untuk mendatangkan pembaca ke blog kita. Saya pernah berelsperimen beberapa bulan untuk tidak mempromosikan konten blog saya, ternyata blog saya sepi pengunjung. Grafik statistik saya menunjukan penurunan pembaca yang sangat signifikan. Kesimpulan saya akhirnya adalah pemilik blog ibaratnya penjual produk berupa tulisan atau informasi dan pembaca ibaratnya raja.

Jadi kalau ingin blognya dikenal orang banyak mau tidak mau kita harus memperkenalkan ke mereka seperti lewat jejaring sosial (Facebook, Twitter da Linkedin). Saya sendiri pun haris mengikuti banyak sekali forum untuk bisa memperkenalkan blog saya tersebut dengan model jemput bola.
Pemanfaat media berbagi isi blog juga bisa dimanfaatkan dengan baik, seperti Vivalog yang dikelola oleh portal vivanews ini bisa menjadi senjata ampuh untuk mendatangkan pengunjung. Selain Vivalog, blogger bisa memanfaatkan situs Lintas.Me untuk share artikel blognya.

3. Memanfaatkan search engine
Minimnya wawasan untuk mempromosikan blog juga menjadi masalah bagi beberapa blogger. Setiap pemilik blog atau website pasto ingin sekali isi blog/webnya masuk dalam search engine sehingga ketika peselancar internet memanfaatkan search engine untuk mencari informasi. Web/blog anda akan ditampilkan. Akan lebih menarik jika search engine bisa menampilkan blog kita di baris pertama atau atas. Hal ini perlu disadari oleh pengelola web atau blog jika kebanyakan user menggunakan searh engine seperti google dan bing, untuk mencari sebuah informasi.
Untuk mempercapat proses pengindekan sebuah blog atau website. Pengelola web atau blog bisa memasukkannya secara manual dengan mengambil alamat URL, yang dimaksud. Di bawah ini beberapa allamat search engine untuk mengirimkan URL untuk mempercepat proses pengindekan web atau blog.
Silahkan klik di bawah ini untuk mengirimkan alamat URL web atau blog anda ke search engine:

  • •    Google: http://google.com/addurl (informasi lebih jauh tentang proses pengidekan Google: http://support.google.com/webmasters/bin/answer.py?hl=en&answer=70897) dan ini link untuk support pengiriman alamat blog atau web ke search engine google: http://support.google.com/webmasters/bin/answer.py?hl=en&answer=34592&ctx=cb&src=cb&cbid=-2lf76wdyigx4&cbrank=4
    •    Bing: https://ssl.bing.com/webmaster/legacy/submitsitepage.aspx

Ketiga cara di atas bisa dicoba supaya blog akan menggeliat kembali dari mati suri. Demikian Tips Cara Membuat Web dan Menghindari Blog Mati Suri.

Semoga bermanfaat.

 

Sumber: subekti.com

One Response to Menghindari Blog Mati Suri

  1. Nusahost says:

    Info menarik gak, thanks udah share. Baru tahu kalo ada media promo blog Lintas.me dan Vivalog.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *